Dalam penelitiannya, Dr. Howard
Gardner mengatakan bahwa anak-anak paling tidak memiliki delapan kemampuan
(kepintaran). Delapan kepintaran tersebut antara lain :
1.
Kepintaran Logika-Matematika (Number Smart)
Adalah
kepandaian yang berkaitan dengan olah mengolah angka, menghitung, menggunakan
penalaran dengan baik.
2.
Kepintaran Linguistik (Word Smart)
Adalah kepintaran
yang berkaitan dengan bahasa, membaca, dan menulis.
3.
Kepintaran Kinestetik (Body Smart)
Adalah kepintaran
yang berkaitan dengan anggota tubuh, mengolah tubuh dengan baik (kelenturan,
kecepatan) dan keterampilan mengungkapkan ide dan perasaan.
4.
Kepintaran Visual Spasial (Picture Smart)
Adalah
kepintaran mengamati gambar dan hal yang berkaitan dengan ruang, melihat obyek
dari beragam sudut pandang.
5.
Kepintaran Interpersonal (People Smart)
Adalah kepintaran
dalam bekerja sama dengan orang lain, mengerti motivasi, perasaan orang lain.
6.
Kepintaran Intrapersonal (Self Smart)
Adalah
kepintaran yang berkaitan dengan diri sendiri (mengetahui kelemahan, kelebihan
diri sendiri).
7.
Kepintaran Musikal (Music Smart)
Adalah kepintaran
yang berkaitan dengan musik (mencipta, mengamati, membedakan, menikmati
berbagai jenis musik).
8.
Kepintaran Naturalis (Nature Smart)
Adalah kepintaran
yang berkaitan dengan alam (mengenal tanaman, hewan, benda-benda di alam).
Ini dapat menjadi patokan bagi
orang tua dalam membantu sang anak belajar serta menjadikan mereka yang
terbaik. Saat usia anak 1 hingga 6 tahun, orang tua harus menyediakan sarana di
rumah agar kemampuan anak yang menonjol bisa terus berkembang dan terpupuk
dengan baik. Di bawah ini adalah beberapa perlengkapan dan tindakan yang
penting bagi orang tua untuk membantu stimulasi kepandaian anak.
1.
Kepintaran Logika-Matematika (Number Smart)
Perlengkapan :
koin, kancing baju, sempoa, gelas ukur, pita ukur, komputer, balok berpola, bangun
susun angka.
Tindakan : mengunjungi
museum (khususnya museum sains) dan bermain hitung angka, permainan matematika,
monopoli.
2.
Kepintaran Linguistik (Word Smart)
Perlengkapan : buku cerita anak, perekam suara, majalah
aktivitas, susun bangun kata, huruf dengan beragam bentuk dan ukuran,
perlengkapan gambar, kertas.
Tindakan : mengobrol
santai dengan anak, bercerita, mendongeng, membacakan buku cerita bergambar.
3.
Kepintaran Kinestetik (Body smart)
Perlengkapan :
lego, kotak pasir, balok kayu, perlengkapan olah raga, sepeda roda tiga.
Tindakan : menonton
tari balet atau teater, menyusun barang, olahraga bersama.
4.
Kepintaran Visual Spasial (Picture Smart)
Perlengkapan :
segala macam perlengkapan seni (buku gambar, pensil warna, cat air, kolase,
lilin mainan, tanah liat, dsb), peta, kamera, bongkar pasang gambar.
Tindakan :
nonton film anak-anak, menggambar bersama, membuat benda dari lilin mainan.
5.
Kepintaran Interpersonal (People smart)
Perlengkapan : segala
jenis boneka dan miniatur, kostum untuk bermain peran, wayang, board games.
Tindakan : ajak
bermain bersama di luar ruangan, mengadakan perayaan (syukuran).
6.
Kepintaran Intrapersonal (Self Smart)
Perlengkapan :
buku diary, ruang pribadi, sediakan bahan untuk hobi yang ia minati.
Tindakan :
sering berbagi cerita (mendengarkan curahan hati sang anak, misal ketika ia
sedang kesal), melakukan yoga, meditasi bersama-sama.
7.
Kepintaran Musikal (Music Smart)
Perlengkapan :
segala jenis alat musik (piano, gitar, keyboard, seruling, drum, pianika,
harmonika), rekaman musik dan lagu untuk diperdengarkan pada anak.
Tindakan : menonton
konser musik dan drama musikal, mendengarkan lagu bersama, bernyanyi bersama.
8.
Kepintaran Naturalis (Nature Smart)
Perlengkapan :
akuarium, terrarium, taman kecil, teropong, hewan peliharaan.
Tindakan :
berkemah, hiking, berkebun, memelihara binatang.
Pendekatan lewat teori kepintaran
multidimensi pun dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengajari anak-anak.
Misalnya bagi anak yang terlihat cenderung memiliki kepintaran musikal, ketika
anak sulit makan, bisa kita ciptakan lagu-lagu bertema makan agar anak ceria
dan dapat kembali makan dengan lahap. Begitu pun bila orang tua ingin
mengajarkan cara menggosok gigi pada anak. Buat lagu yang bertema cara gosok
gigi yang baik dan benar.
Dengan mengetahui patokan di
atas, orang tua dapat mengambil langkah dan tindakan terbaik untuk
mengembangkan potensi dan kepintaran anak sesuai minat masing-masing.
Dari : berbagai sumber.
No comments:
Post a Comment